Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Hadirkan Narasumber dari Kementerian Kesehatan, Dinkes Inhil Gelar Workshop LABKESDA

 

Foto bersama sekretaris Dinkes Inhil dan para Kabid serta narasumber dari kementerian kesehatan RI.

BERITAINHIL.com - Tembilahan : Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar workshop penguatan akreditasi Laboratorium Kesehatan Daerah (LABKESDA) yang berlangsung selama 18 hingga 20 Mei 2022, di Jalan Kartini Tembilahan.


Workshop tersebut di buka langsung oleh Plt Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Inhil Budi N Pamungkas melalui Sekretaris Dinas kesehatan kabupaten Inhil Rahmi Indrasuri, dan dihadiri tiga narasumber dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) yaitu dr. Amsahyuddin, Sp.PK, dr. Willy A. Wullur, Sp. PK, dan dr. Reni Lenggogeni, Sp.PK.

Dalam sambutan Kadinkes Inhil Budi N Pamungkas yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas kesehatan kabupaten Inhil Rahmi Indrasuri mengatakan, dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan disebutkan bahwa tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi dalam mencapai nderajat kesehatan yang optimal.


Dalam rangka meningkatkan pembangunan kesehatan, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus dapat menyediakan pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau dan berkualitas. Salahsatu bentuk pelayanan pelayanan Laboratorium kesehatan adalah Kesehatan Daerah.

"Seperti kita ketahui, keberadaan Laboratorium saat ini sangat dibutuhkan untuk menunjang diagnosa dokter, terutama dalam masa pandemic covid seperti sekarang ini. Laboratorium Kesehatan melaksanakan pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebaran penyakit, kondisi kesehatan, atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat. Oleh karna itu diperlukan laboratorium Kesehatan yang bermutu," ujarnya.


Untuk menjaga kualitas Mutu pelayanan Laboratorium Kesehatan Daerah kepada masyarakat, maka Laboratorium Kesehatan Daerah harus terakreditasi. Akreditasi Laboratorium Kesehatan di Indonesia dilaksanakan untuk menilai kepatuhan laboratorium kesehatan terhadap standar.

"Terkait hal diatas maka Laboratorium Kesehatan daerah Dinas Kesehatan Kab. Indragiri hilir mengadakan "Workshop Penguatan Akreditasi Laboratorium Kesehatan Daerah" yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan di Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Indragiri hilir yang sesuai standar pelayanan dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini," sebut Rahmi Indrasuri.


Dengan adanya workshop ini diharapkan karyawan dan karyawati Labkesda Kabupaten Indragiri Hilir dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai akreditasi laboratorium, workshop ini adalah adalah tahapan awal dalam serangkaian Akreditasi Labkesda Kabupaten Indragiri Hilir, untuk itu agar semua peserta yang hadir dalam workshop ini dapat proses bekerja sama, berupaya dan ikut terlibat dalam proses pelaksanaan Akreditasi Labkesda, sehingga diharapkan agar memperoleh hasil yang maksimal.

"Karena status akreditasi yang diperoleh suatu laboratorium kesehatan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap pelayanan yang aman serta pemasaran pelayanan laboratorium tersebut kepada masyarakat atau pengguna jasa laboratorium," tukasnya.


"Semoga saudara dapat berpartisipasi aktif dalam pertemuan ini sehingga dapat membawa hasil peningkatan kemampuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan yang bermutu sesuai standar yang ada. jaga Kesehatan dan tetap terapkan protocol Kesehatan. Dengan mengucap "Bismillahirrohmanirrohim” Workshop Penguatan Akreditasi Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Inhil, hari ini resmi saya buka," imbuhnya.



Post a Comment for "Hadirkan Narasumber dari Kementerian Kesehatan, Dinkes Inhil Gelar Workshop LABKESDA"