Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

UPT Puskesmas Gajah Mada Tembilahan Kembali Lakukan Pemantauan Status Gizi



Beritainhil.com - Inhil : Dinas Kesehatan di Kabupaten Indragiri Hilir (DINKES INHIL) melalui UPT Puskesmas Gajah Mada Tembilahan kembali melaksanakan kegiatan rutin Pemantauan Status Gizi (PSG) terhadap masyarakat yang berada jauh dari Wilayah Pos Gizi di sekitar Kecamatan Tembilahan, Senin (25/04/2022) Pagi.



Pemantauan tersebut dilakukan oleh tenaga kesehatan UPT Puskesmas Gajah Mada secara langsung dengan turun ke tepat yang jauh dari titik kumpul Pos Gizi.


Kepala UPT Puskesmas Gajah Mada, Marlina, S.Tr.Keb menjelaskan bahwa POS Gizi yang dimaksud adalah wadah guna mengetahui dan mencari kasus baru gizi buruk, gizi kurang dan stunting.


"Pos gizi itu adalah wadah untuk mengetahui dan mencari kasus baru gizi buruk, gizi kurang dan stunting, diwilayah yang tidak tercapai atau jauh dari posyandu, jadi para orang tua dan anak akan dikumpulkan setiap bulan pada tanggal 25," Jelasnya.



Marlina juga menambahkan Pemantauan Status Gizi yang dilakukan yakni dengan beberapa cara, diantaranya mengukur berat badan, pengukuran TB dan hal yang berkaitan pada pertumbuhan anak.


"Pemantauan Status Gizi (PSG) diantaranya dengan penimbangan BB, pengukuran TB, penyuluhan, konseling gizi orang tua, edukasi asupan makanan tambahan. Dan yang terlibat kita ada ahli gizi bidan dan Promkes (Promosi Kesehatan) juga, kalau ada kasus baru biasanya kami tinjau lebih jauh untuk pemantauan kerumah," Tambahnya.


Terakhir, Marlina meminta kepada orang tua yang masih memiliki anak usia dini untuk selalu aktif memeriksa kesehatan pertumbuhan perkembangan buah hatinya.



"Kepada orang tua kami meminta agar jangan sungkan untuk segera ikut pemantauan gizi yang dilaksanakan UPT Puskesmas Gajah Mada Tembilahan, Khususnya warga yang berada di Sekitar Kecamatan Tembilahan. Kita berharap semua anak-anak dan juga orang tua tetap terjaga kesehatan yang prima untuk masa depan lebih baik lagi," Ucap Marlina kepada awak media.



Editor : Rezki

Post a Comment for "UPT Puskesmas Gajah Mada Tembilahan Kembali Lakukan Pemantauan Status Gizi"